Didampingi Wakil Ketua DPRD Pesawaran, Kepala BI Panen Melon Inthanon di Ponpes Minhadul Ulum

JARRAKPOSLAMPUNG – Setelah sukses dengan budi daya Labu Madu 2020 lalu, kini Pondok Pesantren (Ponpes) Minhadul Ulum Pesawaran, Lampung, kembali melakukan panen perdana budi daya Melon Inthanon, Sabtu (19/06/2021).

Wakil Ketua DPRD Pesawaran, Zulkarnain berkesempatan untuk melakukan panen perdana tersebut mendampingi Kepala Bank Indonesia (BI) Lampung, Budiharto Setyawan dan Ketua Hebitren Lampung di Green House Minhadlul Ulum.

Dalam sambutannya, Budiharto Setyawan mengatakan, kerjasama tersebut salah satu bukti pengabdian BI sebagai Bank Central melakukan pembinaan terhadap masyarakat, melalui Depertemen Ekonomi dan Keuangan Syari’ah (DEKS) Bank Indonesia Pusat.

“Salah satu kegiatan unggulannya adalah pembinaan ekonomi di pondok pesantren dengan memberikan program bantuan diantaranya Program Pertanian berbasis digital, yakni Green House.”

Dirinya juga mengungkapkan rasa syukur, bangga dan mengapresiasi keberhasilan panen perdana di Green House Minhadlul Ulum.

“Ini membuktikan bahwa santri tidak hanya bisa fikih dan lainnya, tetapi juga bisa ngaji sugih. Selamat buat Gus Amin dan semua pengelola Green Gouse MU,” ujarnya.

Pimpinan Ponpes Minhadul Ulum, Aminudin, Wakil Ketua DPRD Pesawaran Zulkarnain, Kepala BI Lampung dan undangan berpose sembari menunjukkan Melon hasil Panen Perdana.

Diketahui, ada lima pesantren di Lampung yang pada periode pertama mendapatkan program tersebut, yakni PP. Al-Hamid Matlaul Anwar Cinta Mulya, PP. Minhadlul Ulum Trimulyo Tegineneng, PP. Ushuluddin Kalianda, PP. Darul Ishlah Unit 2 dan Pesantren Roudhotussholihin Padangratu. 

Hadir dalam kesempatan tersebut, Pengasuh Pesanten Minhadlul Ulum Amin Udin el-Hady, juga ketua Hebitren Lampung, Hasan el-Rezza, Wakil Ketua DPRD Pesawaran, Zulkarnain, Anggota DPRD Pesawaran Pujadi, Kasi Pakki Kementerian Agama Pesawaran Helmi, Kepala Pusat Inkubator Bisnis Polinela dan beberapa pejabat dan undangan.
Di tempat yang sama, Pengasuh Ponpes Minhadlul Ulum, Amin udin el-Hady dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kepala BI dan undangan lainnya yang telah berkenan hadir dan memberikan suport atas keberhasilan panen perdana itu.

“Ini bukti bahwa lulusan pesantren siap menjadi profesi apa saja, di mana saja, karena santri MU punya sepirit, dimanapun kami tinggal, mereka harus survive dan eksist,” kata pemilik sapaan Gus Amin itu.

Ketua Himpunan Ekonomi dan Bisnis Pesantren (Hebitren), Hasan el-Reza dalam kesempatan itu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala BI beserta undangan lainnnya, atas pendampingan secara maksimal kepada pondok-Pondok Pesantren Binaan BI, dan terus berharap agar BI tetap istiqomah memajukan ekonomi umat dengan bersinergi bersama pondok pesantren. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *