Debat Kandidat Masih Ada Contekan? Bawaslu Minta KPU Evaluasi dan Rubah Pola

JARRAKPOSLAMPUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bandarlampung meminta KPU Bandarlampung melakukam evaluasi dan merubah pola debat kadidat yang dinilai banyak kejanggalan.

“Ya, kami telah sampaikan secara lisan ke KPU, nanti akan koordinasi agar merubah pola dan mengevaluasi kegiatan ini,” kata Ketua Bawaslu Bandarlampung, Candrawansyah, Rabu (18/11/2020) malam.

Sebab, kata dia, pihaknya menilai debat sebelumnya lebih tertib jika dibanding demgan debat ke dua tersebut. Bahkan, lanjutnya, pihaknya melihat ada kejanggalan. Seperti indikasi adanya kisi-kisi jawaban.

“Menurut pengawasan kita, para calon seperti melihat ke arah bawah terus, tapi kita juga harus analisa, apakah ini model pembawaan calon atau bukan. Ini kita teliti secara seksama,” jelas dia.

Suasana Debat Publik Calon Wakil Walikota Bandarlampung

Selain itu, Bawaslu mengingatkan calon untuk tidak menyerang calon lain secara personal. Juga tidak boleh bertepuk tangan jika tidak dizinkan oleh moderator. 

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPU Bandarlampung Dedy Triadi menyatakan, pihaknya siap dievaluasi agar debat terakhir bisa lebih baik. 

“Siap evaluasi demi kebaikan karena tinggal debat ketiga, kita berharap lebih tepat, terkait durasi dan tata tertib terutama tidak di luar kontek tema, yakni terkait pelayanan publik dan juga memperkokoh NKRI dan kebanggsaan,” kata dia. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *