Cegah Penularan Covid-19, Kepulangan TKI Ilegal Perlu Diwaspadai!

Dari Rakor Online PW GP Ansor Lampung

JARRAKPOSLAMPUNG – Pengurus Wilayah Gerakan Pemuda (PW GP) Ansor Lampung menghimbau kepada masyarakat dan Pemerintah Daerah (Pemda) se Lampung untuk mewaspadai atau melaporkan terkait kepulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang baru pulang dari negara tempat kerjanya.

“Ya, di Lampung Timur kami mencatat ada puluhan TKI terutama yang ilegal yang baru pulang dari negara tempat ia bekerja, ada yang dari Tailand, Jepang, Korea dan sebagainya. Ini kalau dia ilegal artinya kepulangannya tidak terdeteksi apakah dia sehat atau tidak. Masyarakat harus laporkan itu ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di wilayahnya masing-masing,” kata Ketua PC GP Ansor Lampung Timur, H Muslih dalam Rapat Koordinasi secara online dengan PW GP Ansor Lampung, Kamis (26/03/2020) malam.

Selain masyarakat, lanjut Muslih, pemerintah juga harus cepat tanggap terkait hal tersebut. Pemda harus menginstruksikan kepada seluruh Kepala Desa untuk memeriksakan kesehatan kesehatan warganya yang baru pulang sebagai TKI, terlebih yang ilegal.

“Perangkat desa harus pro aktif memeriksakan kesehatan warganya tersebut, atau paling tidak melaporkan ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, agar dapat dilakukan tindakan awal,” tuturnya.

Selain di Lampung Timur, Ketua PC GP Ansor Pesawaran, Ahmad Jajuli menuturkan hal yang sama. Namun, kata Jajuli, di Pesawaran pihaknya sudah bekerjasama dengan lembaga negara untuk melakukan pendataan.

“Kami sudah data TKI yang baru pulang di wilayah kami. Bahkan ada yang dinyatakan aman setelah di karantina di Natuna,” kata Jajuli.

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua PC GP Ansor Metro, Joko Prayitno mengatakan, pihaknya mengawatirkan hal yang sama. Sebab, kata dia, di Metro juga terdengar kabar terkait adanya TKI yang baru pulang dari luar negeri. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *