Caden Sepi, KPU Pesibar Genjot Sosialisasi

JARRAKPOSLAMPUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat terus melakukan sosialisasi terkait mekanisme pencalonan melalui jalur perseorangan atau calon independen (Caden).

Apalagi di wilayah tersebut hingga saat ini belum ada satu pun bakal calon (Balon) kepala daerah (Kada) yang akan maju melalui jalur perseorangan, menjalin komunikasi dengan KPU.

“Kami tidak tahu apakah ini benar-benar tidak ada yang berminat maju melalui jalur perseorangan/Caden atau belum mengerti apa saja syarat untuk menjadi Caden. Karenanya kami akan sosialisasikan,” kata Devisi Teknis KPU Pesisir Barat, Ramzi kepada jarrakposlampung.com, Sabtu (14/12/2019).

Sosialisasi tersebut, lanjut Ramzi akan di gelar Rabu 18 Desember 2019 mendatang. Dalam sosialisasi tersebut, tambahnya, akan di jelaskan segala sesuatu yang berkaitan dengan syarat Caden dan hal teknis lainnya.

Berdasarkan rapat pleno yang telah digelar KPU delapan kabupaten/kota di Lampung, Ramzi menjelaskan, telah ditetapkan jumlah syarat dukungan bagi Caden, berupa fotokopi KPT yang harus di setorkan sebagai syarat pencalonan.  

“Sedangkan minimal sebaran wajib 50 persen + satu dari total kecamatan yang ada di wilayah setempat. Syarat untut Pesisir Barat minimal 11,235 dukungan (DPT 112.343) yang tersebar di enam kecamatan,” jelasnya. 

Untuk saat ini, tambah dia, belum ada utusan atau Liaison Officer (LO) dari Caden yang melakukan komunikasi dengan pihaknya terkait syarat pencalonan.

“Sampai sekrang masih sepi. Belum ada tanda-tanda kemunculan Caden di Pesiair Barat,” pungkasnya. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *