Buka Konferprov XI PWI Lampung, Gubernur Setuju Lampung Tuan Rumah HPN 2024

JARRAKPOSLAMPUNG – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyetujui usulan agar Provinsi Lampung menjadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024. Hal tersebut diungkapkan Gubernur Arinal dalam sambutannya saat membuka Konferensi Provinsi (Konferprov) XI PWI Provinsi Lampung, di Ballroom Hotel Sheraton, Bandar Lampung, Kamis (02/12/2021).

“Ya, tadi ada usulan dari Ketum PWI Pusat agar Lampung jadi tuan rumah HPN, untuk itu saya setuju,” kata Gubernur Arinal.

Selain terkait usulan tersebut, dalam konferensi bertema “Mempererat Kebersamaan Pers Mendukung Lampung Berjaya” itu, Gubernur Arinal minta para wartawan memberi saran dan masukan terbaik untuk kemajuan daerah.

Menurut Gubernur Arinal, industri pers mengalami perkembangan yang sangat cepat dan pesat. Beberapa tahun silam, publik hanya mengandalkan informasi dari media cetak seperti koran dan majalah, serta media elektronik televisi dan radio. Namun, sejak era reformasi di Indonesia, media di negeri ini tumbuh bak jamur di musim hujan.

Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian saat memberi sambutan.

“Media cetak dan elektronik tumbuh di mana-mana dan beragam segmentasinya. Bahkan, perkembangan media tidak hanya sebatas media elektronik dan cetak. Pesatnya teknologi informasi membuat industri media memasuki dunia baru yaitu media siber atau dikenal dengan media online yang berbasis pada internet atau dunia maya,” ujar Gubernur Arinal.

Gubernur Arinal menuturkan media memiliki peran penting dan strategis dalam menyukseskan pembangunan.
Untuk itu, Gubernur Arinal meminta agar media ikut mengontrol atau menyampaikan kritik. Tentu, media jangan hanya mengkritik, tetapi juga harus memberikan saran dan masukan terbaik. Sehingga setiap pembangunan di Provinsi Lampung dapat bermanfaat maksimal bagi masyarakat.

“Saya berharap peran media sebagai kontrol sosial maupun pembentuk opini publik, juga bergantung pada profesionalitas para wartawan dalam menjalankan tugas kewartawanannya. Wartawan yang profesional dan kompeten, tentu akan menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat dan pembangunan. Karena itu, PWI dan organisasi wartawan lainnya, berkewajiban mendidik dan menyiapkan anggotanya agar menjadi wartawan yang profesional dan kompeten,” ungkapnya.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Ketum PWI Pusat Atal S Depari, Forkopimda dan Jajaran Pengurus PWI Lampung berpose bersama.

Gubernur Arinal berharap Konferprov XI PWI Provinsi Lampung dapat menghasilkan kepengurusan dan program kerja yang bermanfaat bagi organisasi PWI, anggota, masyarakat dan Pemerintah.

Menanggapi Ketua Umum PWI terkait Lampung sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) 2024, Gubernur Arinal secara langsung mempersilahkan jika Lampung siap untuk menjadi tuan rumah HPN tahun 2024.
“Karena ini diminta oleh Ketua Umum sebagai tuan rumah hari Pers Nasional dengan ini saya nyatakan diterima,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari memberikan Apresiasi kepada PWI Lampung atas prestasi yang telah diraih selama kepemimpinan Supriyadi alfian.
” Tidak banyak Provinsi yang memiliki anggota PWI lebih dari 500. Hanya ada 3 daerah yaitu Aceh, Medan, dan Lampung,” Katanya

Atal S Depari juga mengungkapkan bahwa kebesaran PWI Lampung akan bertambah apabila Gubernur Lampung memberikan ijin penyelenggaran Hari Pers Nasional tahun 2024 di selenggarakan di Lampung.
”Ini bergantung Gubernurnya, yang perlu diketahui jika Provinsi Lampung menjadi tuan rumah HPN, hotel akan penuh, seluruh insan pers akan membawa uangnya ke lampung, dan ini membawa berkah untuk Provinsi Lampung,” ujarnya.

Suasana pembukaan Konferprov PWI Lampung.

Sementara itu, Ketua PWI Lampung masa bhakti 2016-2021 Supriyadi Alfian menjelaskan Konferensi XI ini momen penting untuk masyarakat Lampung. Sebab, pada hari ini dan besok anggota PWI yang tersebar di seluruh kabupaten/kota akan menentukan masa depan organisasi maupun profesi jurnalistik.
“Kita akan memilih kepengurusan periode 2021 sampai 2026, kami percaya siapaun anggota PWI yang terpilih dalam konferensi ke XI sebagai ketua maupun duduk dalam kepengurusan nanti adalah wartawan terbaik,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ia juga mengungkapkan bahwa dalam masa priode 2016-2021 PWI Provinsi Lampung berhasil mencatat sejumlah prestasi yang diakui nasional dalam bidang profesionalisme profesi wartawan.
” Tercatat 3 kali PWI Provinsi Lampung mendapatkan penghargaan secara nasional oleh PWI pusat baik di bidang pendidikan wartawan maupun penyelenggaran uji kompetensi,” ujar Supriyadi Alfian.

Konferprov XI akan dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 2-3 Desember 2021.
Pada hari pertama Konferprov XI, Kamis (2/12), diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan Tahap I yakni pengesahan jadwal serta tata tertib.

Kemudian, Tahap II laporan pertanggungjawaban pengurus PWI Lampung masa bakti 2016-2021 yang dilakukan secara daring (online) melalui zoom meeting.

Pada hari kedua pelaksanaan Konferprov XI, Jumat (3/12), akan dilakukan pemilihan Ketua PWI Lampung masa bakti 2021-2026 dan pemilihan Ketua DK PWI Lampung 2021-2026 secara langsung atau tatap muka. (lis/***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *