Bubarkan Saja Gakkumdu!

Bawaslu Usulkan Rubah UU

JARRAKPOSLAMPUNG – Devisi Hukum Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung akan mengusulkan pembubaran Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) ke Bawaslu RI. Sebab, lembaga tersebut dinilai tidak efektif dan sudah melampaui Tupoksi dari Bawaslu.

“Sentra Gakkumdu yang merupakan gabungan dari tiga instansi (Kejaksaan, Kepolisian dan Bawalsu) yang kerjanya tidak efektif,” kata Divisi Hukum Bawalu Lampung, Tamri usai Workshop Eksaminasi Perundang-undangan di Balroom Emersia Hotel, Kamis (07/11/2019).

Menurut Tamri, pihaknya akan jadikan dinamika forum sebagai salah satu acuan dalam pengusulan pembubaran Gakumdu ke Bawaslu RI.

“Ya, ini merupakan hasil dari dinamika forum, sehingga apa adanya akan kita sampaikan ke Bawaslu RI kemudian untuk dibawa ke DPR RI dalam pengajuan perubahan UU,” jelas Tamri.

Sentra Gakkumdu, lanjut Tamri, sudah melampaui batas dari Bawaslu sendiri, sehingga sebaiknya dibubarkan.

“Bawaslu selama ini selalu jadi kambing hitam, terkait penangan politik uang. Ya, apabila regulasi tidak dirubah, Maka Bawaslu tidak bisa lakukan apa-apa,” ujarnya.

Pada beberapa kasus, tambahnya, misalnya terkait pelanggaran adminstrasi Bawaslu dapat melakukan tindakan. Lalu, ketika Bawaslu menentukan bahwa kasus A masuk dalam pelanggaran pidana, kemudian masuk ke sentra Gakkumdu pasti mentah. (ris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *