Bawaslu Upgrade Kemampuan Humas

JARRAKPOSLAMPUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandarlampung menggelar pelatihan Teknik Penulisan Rilis dan Evaluasi Pengelolaan Media Sosial di sekretariat Bawaslu Kota Bandarlampung, Kamis (02/06/2022).

Hal tersebut dilakukan guna memperkuat bidang kehumasan. Selain sebagai persiapan jelang tahapan Pemilu 2024, juga guna melatih sumberdaya manusia (SDM) kehumasan.

Sebagai narasumber Bawaslu menghadirkan, Wakil Sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung yang juga Pemimpin Redaksi Jarrak Pos Lampung, Ariyadi Ahmad.

Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung, Candrawansah dalam sambutannya mengharapkan pelatihan tersebut bisa menjadikan Humas Bawaslu semakin baik kedepannya.

“Humas memiliki peranan yang sangat penting, sebagai lumbung informasi bagi masyarakat terkait pengawasan pemilu. Karenanya, saya berharap dengan pelatihan semacam ini, SDM Bidang Humas akan benar-benar bisa diandalkan,” tutur Candra.

Kordiv Humas Bawaslu Bandarlampung, Yusni Ilham (kiri), Wakil Sekretaris PWI Lampung, Ariyadi Ahmad (tengah) dan Ketua Bawaslu Bandarlampung Candrawansyah (kanan).

Di tempat yang sama, Koordinator Divisi Humas Bawaslu Kota Bandarlampung, Yusni Ilham menuturkan, Humas adalah gerbang utama cerminan lembaga. Maka memiliki SDM Bidang Humas yang mumpuni menjadi sebuah keharusan.

“Untuk itu lah pelatihan ini digelar. Harapannya, mampu menelurkan SDM baru yang mampu menjalankan pungsinya di Bidang Kehumasan,” kata perempuan yang akrab disapa News itu.

Menurut dia, SDM di Humas Bawaslu Kota Bandarlampung masih sangat minim. Terutama terkait kemampuan membuat rilis, terlebih untuk teknik penyampaian kerangka berita yang sistematis,” tuturnya.

“Selain itu, teknik reportase yang perlu perbaikan, sehingga dapat mewujudkan humas yang dapat mencerminkan wajah Bawaslu,” tandasnya.

Pemred Jarrak Pos Lampung yang juga Wakil Sekretaris PWI Lampung, Ariyadi Ahmad saat memaparkan teknik penulisan rilis.

Turut hadir dalam pelatihan, Kordiv Humas Bawaslu Lampung, Muhammad Teguh menyampaikan bahwa evalusi humas bisa setiap hari dan tidak hanya dilakukan oleh Pimpinan saja tetapi bisa dilakukan oleh semua staf Bawaslu.

“Evaluasi harus dilakukan berkesinambungan. Dengan begitu, akan dapat dideteksi dimana letak kesalahan-kesalahannya. Sehingga setiap individu di Bidang Humas dapat terus belajar dari kesalahan-kesalahan,” singkat dia. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *