Bawaslu Laporkan Herman HN ke KASN?

JARRAKPOSLAMPUNG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung sedang melakukan kajian terkait rencana pelaporan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) bagi aparatur pemerintah yang dinilai tidak netral atau ikut serta dalam Pilkada 2020 di Lampung.

“Kami sedang mengkaji terkait keluhan ketidak netralan kepala daerah (Walikota) dan ASN dalam Pilkada. Termasuk Walikota Bandarlampung, Herman HN yang dalam pemeberitaan kerap menyebut nama Istrinya sebagai salah satu kandidat Walikota Bandarlampung di hadapan ASN,” kata Kepala Devisi Pengawasan Bawaslu Lampung, Iskardo P Panggar saat ekspose pengawasan pemilu di Tokopi Liepe, Jl Ryacudu, Sukarame, Bandarlampung, Rabu (04/03/2020).

Pernyataan Iskardo tersebut menjawab salah satu pertanyaan dari Wartawan terkait indikasi ketidak netralan Walikota dua priode itu. Terlebih, di Bandarlampung sangat rentan ketidaknetralan ASN dalam Pilkada. Menurut Iskardo, selain Herman HN pihaknya juga mengkaji beberapa nama ASN yang akan maju sebagai peserta Pilkada, diantaranya, Dawam di Lampung Timur, dr. Zam Zanariah Ibrahim di Bandarlampung, Ardito dan M Ilyas di Lampung Tengah, beberapa ASN di daerah lain.

“Terkait sanksi nanti KASN yang menentukan. Untuk yang jadi peserta jelas harus mundur, kan ada aturannya,” tukasnya.

Sesuai dengan UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur/Bupati/Walikota dalam Pasal 7 Ayat 2 huruf (p) sudah dijelaskan, secara tertulis pengunduran diri sebagai anggota TNI, Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Pegawai Negeri Sipil serta kepala desa atau sebutan lain sejak ditetapkan sebagai calon peserta pemilihan wajib mundur.

Kemudian mengenai pengunduran diri PNS yang mencalonkan diri menjadi Kepala Daerah juga diatur dalamĀ Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang termuat dalam Pasal 119 dan Pasal 123 ayat (3). Selanjutnya Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pengunduran Diri. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *