Ansor Minta Pemda Siapkan Tempat Karantina TKI

Langkah Kongkrit Memutus Mata Rantai Penularan Covid-19

LAMTIM.JARRAKPOSLAMPUNG – Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC GP Ansor) Lampung Timur (Lamtim) meminta Pemerintah Daerah (Pemda) setempat untuk menyiapkan tempat karantina bagi pendatang, utamanya para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang baru pulang dari luar negeri.

Hal tersebut menyusul adanya kabar terkait akan ada arus kepulangan ribuan TKI asal Lamtim dari berbagai negara tempat mereka bekerja.

“Pemerintah harus menyiapkan tempat karantina, jika memang benar-benar serius ingin memutus mata rantai penyebaran corona virus (Covid-19) ini,” kata Ketua PC GP Ansor Lamtim, Muslih, Sabtu (28/03/2020) malam.

Langkah pencegahan, lanjut Muslih, tidak bisa hanya dilakukan dengan pengecekan suhu tubuh atau sekedar karantina mandiri saja. Sebab, kata dia, beberapa kasus pada orang yang terinfeksi covid-19 tidak menunjukkan gela apapun.

“Artinya sebagian orang merasa dirinya sehat, tapi ternyata sudah terinfeksi covid-19. Nah yang semacam ini sangat mungkin menularkan keluarganya dan orang-orang disekitarnya,” jelas Muslih.

Sementara untuk karantina mandiri, lanjut Muslih, tentu sangat beresiko. Apalagi, kata dia, dengan keterbatasan pengetahuan masyarakat dan tidak adanya alat perlindungan diri (APD) bagi keluarganya.

“Masyarakat kita ini masyarakat desa. Sangat minim pengetahuan tentang covid-19 ini. Belum lagi keluarganya tidak memiliki APD. Jadi menurut saya isolasi mandiri bukan lah solusi tepat,” tuturnya.

Menurut dia, karantina secara tersentral dengan pengawasan dan pengecekan kesehatan secara berkala adalah solusi yang tepat. Karenanya, pihaknya meminta agar Bupati Lamtim dapat menyediakan tempat karantina.

Diketahui, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Lamtim, Budiyul Hartono telah memprediksi jika akan ada ribuan TKI yang datang ke daerahnya.

Berdasar data per tanggal 1 Januari hingga 17 Maret 2020, pihaknya mencatat ada 421 TKI dari jalur resmi yang baru kembali ke Lamtim. “Ya, para TKI tersebut sudah dilakukan pemantauan,” kata Budiyul Hartono, Sabtu (28/03/2020). (***)

3 thoughts on “Ansor Minta Pemda Siapkan Tempat Karantina TKI

  • March 29, 2020 at 05:44
    Permalink

    sip….. mas ketua GP Ansor Lampung Timur KH Muslih upaya senergi antara NU dan Pemerintah semoga sukses aminnn

    Reply
    • April 17, 2020 at 02:26
      Permalink

      Semoga… Kita doakan yg terbaik untuk bangsa ini

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *