Anak Muda Bisa Apa?

Dari Dialog Pemuda di Pekon Rawas Pesibar

SUASANA berbeda sangat terasa di Balai Pekon Rawas, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Rabu (29/07/2020). Berbeda dengan hari-hari sebelumnya, ratusan kendaraan terparkir rapih dihalaman. Lalu, lalang muda mudi, tampak sibuk menyambut dan mempersilahkan tamu undangan yang hadir.

Ya, di lokasi itu sedang digelar Dialog Pemuda. Tiga pembicara dihadirkan dalam dialog yang bertajuk ‘Publik Bertanya, Pemuda Bisa Apa? itu.

Adalah Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pesisir Barat Sakdan, Founder Kapalas Literasi Dony Irawan dan Pengusaha Muda, Rizwan Torib tampil sebagai narasumber dalam dialog yang digelar lima mahasiswa UIN Raden Intan yang sedang melakukan Kuliyah Kerja Nyata (KKN) tersebut.

“Dialog ini digelar untuk membangunkan semangat kaum muda. Eksistensi pemuda dalam masyarakat tentu sangat dibutuhkan. Pemuda memiliki peran penting di masyarakat. Anak muda saat ini harus bisa melakukan hal-hal yang bersifat positif, agar bisa terus eksis dalam kehidupan bermasyarakat,” kata Ketua Pelaksana Dialog, Khoirul dalam sambutannya.

Panitia yang tak lain adalah mahasiswa KKN UIN Raden Intan Lampung berpose bersama narasumber usai dialog.

Dialog semakin menghangat, terlebih ketika Moderator Dialog, Diana membuka sesi tanya jawab. Menurut Diana, tema dialog pada kali ini memang berasal dari kegelisahan anak muda yang katanya sebagai jembatan generasi lampau dengan masa depan.

“Pemuda dituntut untuk mampu menghasilkan karya, atau mampu melakukan perubahan yang nyata. Akan tetapi di lapangan masih banyak anak muda yang belum tau jati dirinya, belum mengenali potensi yang ada didirinya, apalagi menciptakan perubahan,” kata Diana, menyimpulkan.

Founder Kapalas Literasi Doni Irawan, dalam closing statmentnya mengatakan, pemuda harus bisa memposisikan diri dan memantaskan diri di tengah masyarakat.

“Sebagai agen perubahan, pemuda memiliki tanggungjawab sosial. Karenanya pemuda harus mampu memposisikan diri,” kata Doni.

Senada, Ketua PC GP Ansor Pesibar, Sakdan menuturkan, pemuda harus terus bergerak agar selalu menebar kebermanfaatan bagi umat.

Rizwan yang berlatarbelakang pengusaha mengatakan, pemuda saat ini harus kreatif, menciptakan inovasi baru dan tidak bersifat kaku serta tidak mudah mengeluh dalam mencapai cita-cita yang diinginkan.

Dialog tersebut dihadiri oleh Camat Pesisir Tengah, Kepala Desa, serta tokoh masyarakat, agama, dan tokoh adat desa setempat. Dialog tersebut berlangsung sejak pukul 09.00 wib hingga pukul 12.00 wib. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *