7 Kada di Lantik, Gubernur : Lampung Harus Berjaya!

2022 Bangun Seluruh Jalan Provinsi

JARRAKPOSLAMPUNG – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melantik tujuh pasangan kepala daerah terpilih itu di Lantai III Balai Keratun, Komplek Pemprov Lampung, Jumat (26/02/2021) pukul 09.00 WIB.

Dalam sambutannya Gubernur Arinal memang tidak banyak memberikan petuah kepada para pemenang Pilkada 2020 itu. Kendati demikian, dalam kesempatan tersebut beberapa kali mantan Sekda Provinsi Lampung itu menekankan kepada para Kada yang dilantik bahwa Lampung Harus Berjaya!

Kada yang dilantik, lanjut Arinal, harus mensinergikan segala upaya dan sumber daya untuk membangun masa depan Provinsi Lampung. Terlebih dirinya memeiliki program di tahun 2022 seluruh jalan provinsi di seluruh kabupaten/kota harus dibangun.

Gubernur Arinal saat memberikan sambutan usai melantik 7 kepala daerah pemenang Pilkada 2020.

“Ini tidak bisa ditunda, mengingat dampaknya sangat positif bagi konektifitas dan pertumbuhan ekonomi. Jika ini berhasil, saya akan paksa bupati dan walikota untuk melalukan hal yang sama,” tegas dia.

Arinal juga menekankan beberapa hal penting terkait dengan penyelenggaraan kepemerintahan sesuai dengan ketentuan pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Tugas Kepala Daerah diantaranya adalah memimpin Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah pelaksanaan Urusan sesuai dengan perundang-undangan ketentuan peraturan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD,” jelas Arinal.

Lalu, memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat, menyusun dan mengajukan rancangan Perda tentang RPJPD dan rancangan Perda tentang RPJMD kepada DPRD untuk dibahas bersama DPRD, serta menyusun dan menetapkan RKPD.

“Melaksanakan tugas lain sesuai dengan peraturan ketentuan perundang- undangan Dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah,” tuturnya.

Pemerintah Kabupaten dan Kota wajib melakukan sinergitas dan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi terutama dalam menyusun perencanaan pembangunan lima tahun kedepan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Provinsi guna menjamin keselarasan pelaksanaan pembangunan masyarakat mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya.

“Upaya masyarakat ekonomi pertanian dan wilayah perdesaan yang seimbang dengan wilayah perkotaan dilakukan diantaranya melalui program Kartu Petani Berjaya (KPB) dan program Smart Village,” tuturnya lagi.

Gubernur Arinal saat membacakan naskah pelantikan yang diikuti 7 kepala daerah pemenang Pilkada 2020.

Tidak kalah pentingnya, tambah Arinal, Kada berkewajiban meningkatkan kualitas SDM membangun dilakukan kekuatan ekonomi dengan berbasis dan mengembangkan anak, dan penyandang upaya pemberdayaan disabilitas, perlindungan perempuan.

“Selain itu Kada harus membuka investasi dan mengembangkan dunia usaha dan pariwisata, serta membangun infrastruktur dan konektivitas antar wilayah dan daerah,” tegas dia.

Ditegaskannya, peran Pemerintah Provinsi dalam hal ini Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat di daerah dalam Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Tugas dan Wewenang yakni mengkoordinasikan pembinaan penyelenggaraan pembantuan di daerah Kabupaten/Kota dan pengawasan tugas.

“Dari aspek pembinaan aparatur sesuai dengan ketentuan Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Kada adalah Pejabat Pembina Kepegawaian,” tegasnya.

Kada yang baru dilantik, tambahnya, bertanggung jawab pengelolaan manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Manajemen Pegawai Pemerintah Dengan menjamin dalam bahwa saudara terhadap pembinaan dan Kerja terselenggaranya sistem (PPK), serta kebijakan berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

“Selanjutnya saya meminta Bupati/Walikota, selain tugas yang telah ditentukan di atas dalam rangka meminimalisir penyebaran meluasnya Covid19,” tukasnya.

Diketahui, pelantikan itu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.18-365 tahun 2021 tentang perubahan SK Menteri Dalam Negeri Nomor 131.18-252 tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah hasil Pilkada 2020.

Berikut tujuh pasang kepala daerah yang dilantik:

1. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandarlampung, Eva Dwiana – Dedi Amarullah

2. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Metro, Wahdi Sirajjudin – Qomaru Zaman

3. Bupati dan Wakil Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto – Pandu Kesuma

4. Bupati dan Wakil Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad – Ardito

5. Bupati dan Wakil Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona – S Marzuki

6. Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur, Dawam Rahardjo – Azwar Hadi

7. Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya – Ali Rahman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *