133 Mahasiswa Baru Resmi Jadi Kader PMII

Rido : Mapaba Itu Ikhtiyar Menjaga Aswaja

JARRAKPOSLAMPUNG – Sedikitnya 133 mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan resmi menjadi kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), setelah berbai’at dan mengikuti rangkaian kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) yang digelar Pengurus Rayon Keguruan PMII Komisariat UIN Raden Intan, Minggu (10/10/2021).

Mapaba berlagsung sejak Sabtu (09/10/2021) pagi di SMP Sriwijaya, Wayhalim, Bandarlampung dengan tema  “Menumbuhkan jiwa semangat berorganisasi yang militan, intelektualitas, dan spiritualitas”.

Ketua Rayon PMII Keguruan, Ridho Muhammad Septiano mengatakan, Mapaba tidak hanya berjuan menambah kuantitas anggota organisasi, akan tetapi lebih dari itu Mapaba diharapkan mampu menjadi awal peningkatan kwalitas mahasiswa dan komitmen menjaga Islam Ahlussunah Waljamaah.

Peserta Mapaba di angkut menggunakan truck menuju lokasi Mapaba.

Peserta, lanjut Rido, telah menerima sejumlah materi, bidang keagamaan, nilai-nilai dasar pergerakan PMII, gender dan kelembagaan Kopri, Aswaja, analisis sosial, dan menjaga nilai-nilai kebangsaan demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami ingin para kader baru ini, benar-benar mampu meng-ejawantahkan setiap materi yang diterima dalam Mapaba dan menjadi kader yang ulul albab, sebagaimana tujuan PMII,” kata dia.

Menurut Rido, setiap kader akan dipacu menjadi agen perubahan untuk kemajuan daerah dan nasional demi kemajuan bangsa Indonesia sesuai porsi anggota PMII.

“Materi acara Mapaba yang berlangsung selama tiga hari dua malam  itu sangat padat, sehingga para calon anggota digembleng hingga bermalam, dan istirahat di arena acara Mapaba dengan menaati protokol kesehatan,” terangnya.

Bagi PMII, tambah Rido, keutuhan NKRI adalah harga mati, maka mahasiswa akan diajarkan menjadi generasi muda yang Islami, manut kiai, cintai tanah air.

“Saya berharap seluruh kader baru ini dapat aktif dan memiliki semangat yang kuat dalam berproses di PMII,” pungkasnya. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *