11 Pejabat Tinggi di Lampung Kena Damprat Gubernur

JARRAKPOSLAMPUNG – Dinilai bersikap main-main dan tak profesional pada saat dilantik oleh Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, 11 pejabat pratama Pemprov Lampung terkena damprat (bentak, cacian) di gedung Balai Keratun, Rabu (11/12/2019).

“Ulangi! ini kenapa ini. Ini tidak ditatar ya, mengucap sumpah ko ngak ngok ngak ngok, gak jelas,” teguran keras Arinal itu di hadapan Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay dan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto.

Tidak hanya sampai disitu, kemarahan Arinal pun berlanjut pada saat menyampaikan sambutan seusai prosesi pelantikan. Bahkan, orang nomor satu di Pemerintahan Provinsi Lampung itu mengatakan todak segan-segan memecat pejabat yang tidak serius.

“Saya tegaskan. Saya tidak ingin ada yang seperti ini lagi, jika terulang kembali akan saya nonjob kan. Kita ini sudah enak, gak kaya pejuang melawan penjajah belanda dulu, mengorbankan jiwa dan raga,” tegasnya.

Diketahui, saat prosesi pengambilan sumpah, sebelas pejabat pratama Pemprov Lampung tersebut tidak serempak dan tegas menjawab pertanyaan Arinal Djunaid apakah mereka siap dilantik atau tidak. Kemudian para pejabat tersebut pun ada beberapa yang terbata-bata mengulangi naskah pelantikan yang dibacakan Arinal Djunaidi.

Terkait hal tersebut, Ketua Lembaga Monitoring Pembangunan Indonesia (LMPI) Provinsi Lampung Sofian Akmad memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas ketegasan sikap Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tersebut.

Menurutnya, apa yang dilakukan Gubernur Arinal sudah tepat. Sebab, pengambilan sumpah merupakan prosesi sakral, jadi harus dilakukan dengan serius dan sungguh-sungguh.

“Sumpah adalah janji pada Allah Subhana Wataala, jadi harus dilakukan dengan khidmat. Kalo bersumpah di hadapan Allah saja tidak serus, apa lagi dalam bekerja nanti. Sikap tegas pak gubernur sangat wajar, sekali-sekali memang para kepala-kepala dinas/biro harus mendapatkan shock terapy,” tutup Sofian.

Berikut daftar sebelas pejabat pratama Pemprov Lampung yang dilantik.

1. Sekretaris DPRD Provinsi Lampung Tina Malinda
2. Kepala BKD Lukman
3. Dinas Kelautan dan Perikanan Febrizal Levi
4. Dinas Koperasi dan UMKM Agus Nompitu 
5. Dinas Perhubungan Bambang Sumbogo
6. Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Thomas Edwin 
7. Kabiro Humas Dan Protokol Yudi Hermanto
8. Kabiro Pemerintahan dan Otda Nirlan
9. Kabiro Perekonomian Elvira Umihanni
10. Direktur Umum dan Keuangan RSUAM dr Elitha Martharina Utari
11. Kadis PMD Lampung Syaiful Dermawan, dilantik sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintah Hukum dan Politik. (tim)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *